Pengertian Beserta Fitur-Fitur Ubuntu Sabily

Sabily (dulu dikenal sebagai Ubuntu Muslim Edition) adalah distribusi Linux turunan Ubuntu. Sabily menggunakan sistem operasi Ubuntu sebagai dasar, tentu saja dengan menghapus, memodifikasi dan menambahkan perangkat lunak, dan juga menyesuaikan tampilan grafis agar sesuai untuk kaum Muslim.

 Fitur Utama

Perangkat lunak utamanya adalah: Zekr dan Mus-haf Othman (Quran study tools), Minbar dan Firefox-praytimes (aplikasi prayer times), Monajat (aplikasi yang akan mengeluarkan popups prayers setiap beberapa waktu yang ditentukan), Hijra (kalender Islami) dan WebStrict (filter situs web). Bahasa Arab juga didukung dengan baik. Dan tentu saja desain grafis yang telah disesuaikan.

Perangkat lunak lainnya adalah OpenOffice (pengolah kata, spreadsheet, presentasi), Firefox (perambah web), Pidgin (pesan instant), F-spot (manajemen foto), Gimp (program manipulasi gambar) dan perangkat lunak multimedia lainnya (video/audio). Semuanya telah terkandung di versi "kecil" Sabily, namun versi "lengkap" mengandung lebih banyak lagi! (perangkat lunak edukasi, peralatan dan seluruh tilawah Quran, silahkan lihat daftar lengkapnya di situs resmi Sabily).

2 comments:

  1. sabily sangat bagus bila digunakan di pesantren-pesantren.... sayang bila mereka belajar komputer memakai OS bajakan

    ReplyDelete

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev