Pengertian OpenDNS

OpenDNS adalah sebuah layanan resolusi Domain Name System (DNS) gratis yang tersedia untuk publik.

Layanan OpenDNS

OpenDNS menawarkan resolusi DNS untuk para konsumen dan bisnis sebagai alternatif dari penggunaan server DNS yang ditawarkan oleh ISP yang mereka gunakan. Dengan menyimpan server perusahaan di lokasi-lokasi strategis dan menggunakan tembolok nama-nama domain yang sangat besar, OpenDNS seringnya memproses query jauh lebih cepat, sehingga meningkatkan kecepatan pengambilan halaman. Hasil query DNS bahkan kadang dimasukkan ke dalam tembolok oleh sistem operasi lokal atau aplikasi, sehingga kecepatan ini mungkin tidak terlihat oleh pengguna untuk setiap permintaan, tapi hanya untuk permintaan yang tidak disimpan di dalam tembolok lokal.
Fitur lainnya yang ditawarkan adalah filter phishing, pemblokiran domain dan koreksi kesalahan pengetikan (sebagai contoh, mengetikkan "wikipedia.og", bukan "wikipedia.org"). Dengan mengumpulkan sekumpulan daftar situs-situs mencurigakan, OpenDNS akan memblokir akses ke situs-situs tersebut saat seorang pengguna mencoba untuk mengaksesnya melalui layanan yang ditawarkan oleh OpenDNS. OpenDNS juga menawarkan PhishTank, di mana para pengguna dari seantero dunia dapat mengirimkan dan me-review situs-situs yang dicurigai merupakan situs phishing.


Sebuah screenshot dari sebuah halaman yang terblokir akibat 'phishing blocked'
.
OpenDNS sendiri bukanlah sebuah perangkat lunak open source, tapi merujuk kepada konsep DNS yang bersifat terbuka, di mana query dari sumber manapun akan diterima.
OpenDNS mendapatkan sebagian dari pendapatannya dengan cara melakukan resolusi terhadap sebuah nama domain ke sebuah server OpenDNS saat namanya belum didefinisikan di dalam DNS. Hal ini akan memiliki pengaruh saat seorang pengguna mengetikkan sebuah nama yang tidak ada di dalam URL dalam sebuah kotak isian alamat di penjelajah Web, dan pengguna akan melihat halaman pencarian OpenDNS. Para pengiklan akan membayar OpenDNS untuk menampilkan iklan mereka di dalam halaman pencarian ini. Memang hal ini mirip seperti apa yang dilakukan oleh VeriSign Site Finder, tapi OpenDNS mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah sama, karena memang OpenDNS adalah sebuah layanan pilihan (bandingkan dengan Site Finder yang memiliki pengaruh terhadap keseluruhan Internet, mengingat VeriSign merupakan sebuah operator registri otoritatif), dan para peengiklan akan membayar layanan DNS yang telah dikustomisasi.

13 comments:

  1. mas aku kurang ngerti ma networking nih,, tapi aku bisa belajar di sini.. eh iya,, aku udah follow kamu!!! kunjungi blog aku ya!!!

    ReplyDelete
  2. Oke..
    nanti kalo ada posting baru aku kasih tau..

    ReplyDelete
  3. numpang baca-baca dan tangkep info baru ya!!

    ReplyDelete
  4. Terima kasih artikelnya. Jadi tahun pengertian Open DNS

    ReplyDelete
  5. wah bagus banget nich postingan-nya.. ^_^ sukses bro..

    ReplyDelete
  6. Informasi menarik sob.. Tx
    Salam kenal!

    ReplyDelete
  7. teman saya pernah makai ini di sp****nya dan hasilnya bisa tembus 1mBps.:D

    ReplyDelete
  8. Informasi dan artikel yang bagus..
    terimakasih sharenya dan sukses buat Boby

    ReplyDelete
  9. @ Lulus Sutopo
    thanks mas sudah berkunjung..
    sering2 mampir ya..

    ReplyDelete
  10. mampir baca2 sambil follow bang.. ditunggu fllow baliknya :) thanks

    ReplyDelete

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev