Cara Menginstall X Window

Sebelum menginstal X pada system Linux anda, ada baiknya anda mengetahuikebutuhan minimal komputer agar mampu menjalankan X dengan baik, yaitu :
Processor minimal sekelas Pentium 233 MMX
RAM minimal sebesar 32 MB
Harddisk minimal mempunyai ruang kosong sebesar 100 MB
Graphic card SVGA dengan memory minimal 1 MB yang didukung XFree86-3.3.6
Mouse dan keyboard yang didukung oleh XFree86-3.3.6

Pada CD distribusi Linux RedHat 6.2 terdapat file-file dengan awalan X (terutamaXFree86) dan x. File-file tersebut akan membangun X Window System pada Linux anda. Desktop environtment danaplikasi pendukungnya ditandai dengan file-file rpm dengan huruf awalan K atau k untuk KDE dan G atau untuk GNOME.
Versi XFree86 yang tersedia adalah versi 3.3.6, mendukung lebih banyak chipsetgraphic card (termasuk S3Trio3D/2X yang sangat sulit dikonfigurasi) daripada XFree86 terbaru yaitu versi 4.x.x. Namundemikian apabila anda mempunyai graphic card yang terdeteksi pada XFree86 versi 4.x.x, sebaiknya anda menggunakan versi ini, karena mempunyai beberapa perbaikan terhadap bug dan telah dioptimasi sehingga dapat meningkatkanperformasi aplikasi X.
Menginstal X Window System melalui console Linux dengan menginstal paket-paketyang dibutuhkannya secara langsung (menggunakan perintah rpm -ivh XFree86-3.3.6-20.i386.rpm) tidak disarankan mengingat dependency yang rumit. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengupgrade Linux anda dan installah melalui dialog pemilihan paket.

No comments:

Post a Comment

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev