Cara Mengkonversi .RPM Ke .DEB Atau .DEB Ke .RPM

OS. LINUX sudah semakin dikenal dan dimengerti oleh usr compi di indonesia, banyak distro yg ditawarkan untuk mengintall sebuah OS. Linux didalam sebuah compi. mulai dari distro yang berbasis RPM atau distro yang berbasis DEBIAN.
Sudah seringkali ditanyakan oleh para shobat linuxinuse, tentang bagaimana cara menginstall dan merubah paket-paket pada distro linux. Seperti pada Ubuntu umumya berkestensi .deb, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menggunakan ekstensi lain seperti .tgz (Slackware), .rpm (Red Hat), .slp (Stampede), .pkg (Solaris), dll.
Terkadang kita mungkin menemukan beberapa package atau aplikasi yang hanya memiliki file .rpm, padahal yang kita butuhkan adalah paket file .deb sedangkan kita sudah mencarinya di internet bahkan di server repository, tapi kita tidak menemukan package yang berekstensi .deb

Yach....sebenarnya sangat mudah bagi yang tahu..dan sangat sulit bagi yg belum tahu...itulah sifat ilmu. Ada sebuah package yang bernama Alien. Alien adalah sebuah program yang mengkonversi package yang berbasis .rpm ke .deb atau sebaliknya dari .deb ke .rpm

Dibeberapa distro paket alien in ada yg sudah terinstal, namun ada juga yang belum. untuk yang belum terinstall ya..apa boleh harus diinstal terlebih dahulu.

setelah kita menginstall package alien, maka kita perlu mengerti Option yang tersedia untuk Alien. Pada dasarnya package ini akan berjalan sesuai dengan yang kita perintahkan, Alien mengkonversi semua file yang masuk ke ke semua output jenis (ekstensi file) yang kita tentukan. Jika tidak ada jenis output yang ditentukan, standarnya akan secara otomatis di konversi ke format .deb.
penjelasan kode konversinya adalah sebagai berikut:

-d, to-deb. Membuat paket debian .deb, ini adalah default.
-r, to-rpm. Membuat paket .rpm
-t, to-tgz atau to-slp. Membuat paket .tgz ataupun membuat .slp paket.
-p, to-pkg. Membuat paket Solaris .pkg
-i, install. Otomatis menginstal setiap paket yang dihasilkan, dan menghapus paket file setelah telah diinstal.

Lebih lengkapnya silahkan ketikkan perintah man alien didalam Terminal/console.
Jadi mari kita perhatikan perindah dasar berikut :
  • alien -d nama_package.rpm, akan mengkonversi package .rpm ke sebuah package .deb kemudian kita bisa menginstall paket .deb tersebut secara manual dengan perintah dpkg -i nama_package.deb atau dobel klik pada file bila menggunakan File Manager.
  • alien -r nama_package.deb, akan mengkonversi package .deb ke sebuah package .rpm (.deb ke .rpm)
  • alien -i nama_package.rpm, akan mengkonversi package .rpm ke package .deb, dan secara otomatis menginstal paket yang dihasilkan.

bagaimana..????? sampai disini dulu, semoga bermanfaat. tetep kita fahami...apapun bentuknya..sesuatu yg kita anggap percuma sebenarnya bermakna dalam hidup ini. tinggal kitanya saja....okey...

thanks to : http://linuxinuse.blogspot.com/

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bob, kunjungi blogku....
    http://himfd.blogspot.com/


    jgn lpa d follow 'n comment

    ReplyDelete
  3. waaah keren gaan...oiya ada sedikit info nih
    Seminar Internasional 2015 yang akan diadakan pada bulan Oktober 2015. Jadi persiapkan diri anda untuk mengikuti Seminar Internasional ini. Kami tunggu anda disini dengan banyak materi yang akan membuat kita menjadi lebih baik. Maaf ya sobat, gambar yang ada disini tentang reveiw seminar menggunakan bahasa inggris. Namanya juga seminar internasional, jadi ya sudah seharusnya menggunakan bahasa internasional. Bukan sok sokan ngomong bahasa inggris, namun bahasa internsional harus kita kuasai untuk berkomunikasi. Bahasa adalah satu metode untuk menyatukan kita pada dunia kan.. Okee, check it dottt gaaeesss,,, Sekalian belajar bahasa Inggris yaa :p Saya harap kalian adalah satu peserta yang dapat hadir dalam seminar internasional tersebut :)
    atau bisa mampir langsung
    thanks
    Seminar Internasional 2015

    ReplyDelete

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev