Pengertian Modul Kernel Linux


Modul kernel Linux adalah bagian dari kernel Linux yang dapat dikompilasi, dipanggil dan dihapus secara terpisah dari bagian kernel lainnya saat dibutuhkan. Modul kernel dapat menambah fungsionalitas kernel tanpa perlu me-reboot sistem. Secara teori tidak ada yang dapat membatasi apa yang dapat dilakukan oleh modul kernel. Kernel modul dapat mengimplementasikan antara lain device driver, sistem berkas, protokol jaringan.
Modul kernel Linux memudahkan pihak lain untuk meningkatkan fungsionalitas kernel tanpa harus membuat sebuah kernel monolitik dan menambahkan fungsi yang mereka butuhkan langsung ke dalam image dari kernel. Selain hal tersebut akan membuat ukuran kernel menjadi lebih besar, kekurangan lainnya adalah mereka harus membangun dan me-reboot kernel setiap saat hendak menambah fungsi baru. Dengan adanya modul maka setiap pihak dapat dengan mudah menulis fungsi-fungsi baru dan bahkan mendistribusikannya sendiri, di luar GPL.
Kernel modul juga memberikan keuntungan lain yaitu membuat sistem Linux dapat dinyalakan dengan kernel standar yang minimal, tanpa tambahan device driver yang ikut dipanggil. Device driver yang dibutuhkan dapat dipanggil kemudian secara eksplisit maupun secara otomatis saat dibutuhkan.
Terdapat tiga komponen untuk menunjang modul kernel Linux. Ketiga komponen tersebut adalah manajemen modul, registrasi driver, dan mekanisme penyelesaian konflik. Berikut akan dibahas ketiga komponen pendukung tersebut.

kernel adalah sebuah aplikasi dari sistem operasi yang tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer. hal tersebut disebabkan karena akses terhadap perangkat keras yang sangat terbatas sedangkan ada aplikasi yang musti dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka disitulah letak tugas kernel mengatur kapan dan berapa lama suatu program atau aplikasi dapat menggunakan suatu perangkat keras tersebut.

8 comments:

  1. OOOooooOOOOoooOOO....bEgitu YA

    ReplyDelete
  2. sepertinya ente calon direktur linux sob!

    ReplyDelete
  3. @ M chandra :
    waduh mas thanks atas pujiannya..
    moga2 ajh jadi kenyataan..amin...

    ReplyDelete
  4. Jadi kernel itu adalah sebuah aplikasi dari sistem operasi yang tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer. Terima kasih ilmunya. Jadi tahu.

    ReplyDelete
  5. Okelah kalo begituhh,, mampir boZ

    ReplyDelete

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev