Sistem X Window

X Window System adalah lingkungan grafik yang kompleks untuk sistem UNIX . XWindow System pada mulanya dikembangkan di MIT. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1984. Sekarang, hampirseluruh workstation UNIX di dunia menggunakan varian X Window System untuk sistem GUI (Graphical UserInterface). Versi gratis X Window System di MIT adalah X versi 11, rilis 6 (X11R6) untuk 80386/80486/Pentium dikembangkan oleh tim programmer yang awalnya diketuai oleh Dave Waxelblat (dwex@XFree86.org). Rilis inikemudian dikenal dengan nama Xfree86, mendukung System V/386, 386BSD dan sistem x86 lainnya, termasuk Linux. PaketXFree86 didistribusikan lengkap termasuk seluruh file binary, support, library dan tools. Informasi lebih rinci tentang XFree86 dapat diperoleh di situs web http://www.XFree86.org
Ada beberapa prinsip dan istilah yang harus anda ketahui artinya agar dalammenggunakan X tidak menemui batu sandungan. Istilah-istilah ini akan muncul berkali-kali dalam manual dan file-fileHelp. Istilah-istilah tersebut antara lain :


1.Screen adalah seluruh desktop, secara teknis dapat dijelaskan artinya tampilan layar utama yang X lihat.Anda dapat mempunyai lebih dari 1 screen, bahkan sebenarnya anda dapat mempunyailebih dari 1 komputer menjalankan 1 buah X server, tetapi pembahasan akan itu merupakan pembahasan yangamat kompleks, tetapi andaharus mengetahui akan kemungkinan ini.
2.Root window adalah latar belakang dari screen anda. Tidak mempunyai karakteristik seperti windowlainnya, tetapi lebih ke sebuah tempat dimana anda menjalankan aplikasi atau menyimpangambar atau hanya memberi warna padanya.  Window manager adalah interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif. Window managermenyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, toll bar dariX Windows.
3.Pointer adalah panah atau indikator penunjuk yang merepresentasikan lokasi mouse atau pointing device lain nya, yang berhubungan erat dengan screen.
4.Window adalah frame dimana semua aplikasi berjalan. Frame ini mempunyai properti yang dikontrol oleh window manager. Active window adalah window yang sedang digunakan, windowini disebut mempunyai focus, dapat menerima input dari console atau pointing device.
5.Menu dan icon berlaku sama seperti pada window system lainnya. Window yang terdiri hanya text sajadisebut

No comments:

Post a Comment

Memberikan Komentar Bukti Peduli Kepada Sesama Blogger

---------->>>You Comment I Folow<<<----------

Prev Prev Prev